Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Jeruk yang kaya akan vitamin C memiliki peranan yang menurut saya lumayan penting bagi kesehatan. Karena, selain dapat menyembuhkan penyakit, misalnya sariawan, jeruk juga dapat menghilangkan rasa dahaga. Hal itu terbukti oleh saya pada saat saya panas-panasan, lalu makan jeruk, langsung saja rasa haus saya hilang.

Rasanya yang asam dan yang manis menjadi keunikan dari buah ini. Warnanya pun cerah sehingga orang akan tertarik untuk memakannya. Jeruk juga dapat menurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.

Vitamin C, juga penting sebagai sistem kekebalan tubuh, baik untuk menangkal flu dan mencegah infeksi telinga berulang. Nah bagi teman-teman yang sedang flu, saya sarankan untuk mengonsumsi jeruk, supaya sakit yang teman derita akan cepat sembuh

Jeruk juga memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satu buah jeruk sehari dapat membantu Anda mempertahankan keremajaan kulit meski usia sudah beranjak 50 tahun.

Vitamin B6 dalam jeruk dapat membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. Menurut sebuah studi oleh peneliti AS dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah jeruk yang disebut Polymethoxylated flavon (PMFs) juga memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif dan tanpa efek samping daripada beberapa resep obat lainnya.

Serat dalam jeruk juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karena itulah, jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes. Gula buah alami dalam jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Untuk menurunkan risiko serangan kanker paru-paru, jeruk dapat menjadi pencegahnya. Mengapa? kaya akan beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah dan sayuran berwarna oranye-merah.

This entry was posted in coretan, ilmu, info. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s