Cara Ampuh Mengajak Tomcat Pindah ke Sawah!

Serangan Tomcat semakin menjadi-jadi. Cairan yang dikeluarkannya apabila terkena kulit manusia akan menjadi seperti luka bakar! Kali ini tim dari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian UGM melaksanakan uji coba pembasmian Tomcat. Caranya dengan relokasi hama ini dari kawasan perumahan pinggir persawahan.
Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Celeban, Kota Yogyakarta pada Selasa, 27 Maret 2012. Suputa, koordinator tim itu mengatakan proses relokasi ini diawali dengan penangkapan Tomcat memakai lampu ultra violet (UV).

Kata Suputa, dalam proses uji coba relokasi Tomcat yang dilakukan bersama tim Dinas Pertanian DI Yogyakarta itu, Tomcat akan ditangkap setelah mengerubuti lampu UV. Untuk menangkap sebanyak mungkin hama ini, kata dia, lampu-lampu UV dinyalakan di sekeliling areal perumahan dekat sawah di kawasan Celeban. Hama Tomcat ditangkap dengan memasukkannya ke dalam plastik.
Suputa menambahkan, tomcat-tomcat yang sudah tertangkap akan dibuang oleh tim itu ke kawasan persawahan yang jauh dari perumahan. Menurut Suputa jika metode ini efektif, cara pembasmian tomcat lewat relokasi bisa diaplikasikan di kawasan lain.
Tim relokasi Tomcat ini terdiri dari sejumlah mahasiswa S1 dan Pascasarjana serta sejumlah peneliti hama tanaman di Fakultas Pertanian UGM. Tim ini juga didampingi oleh sejumah staf Dinas Pertanian DI Yogyakarta, Ketua Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan UGM Susanto, serta ahli entimologi dan Insektisida Serangga UGM, Edi Martono.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s