9 Tips Sukses Mengerjakan Soal Ujian

Soal adalah tantangan bagi sebagian siswa, bagi sebagian yang lain.. ya saya kagak tau! Hehehe… Semua definisi tentang soal ujian adalah tergantung anda sendiri mendefinisikannya..

Anda mengalami kendala dalam mengerjakan soal ujian? Tenang, kali in saya akan bagi-bagi tips mengerjakan soal ujian, entah itu ujian sekolah, ulangan harian, dan ujian nasional.

Berikut tips dan trik dalam mengerjakan soal ujian..


1. Berdo’a
Berdo’a penting dilakukan. Jika tidak berdo’a, niscaya anda akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. So, berdo’a dulu, okay?

2. Baca petunjuk pengerjaan
dalam pilihan ganda kadanghkala ada perintah seperti ini, “Berilah tanda silang (X) pada pilihan a, b, c, d dengan jawaban yang benar”. Jika kita mengisinya dengan satu coretan saja, misalnya /’ otomatis jawaban anda akan salah, meskipun jawaban yang anda pilih itu benar.

3. Baca soal dengan teliti
Jangan membaca soal dengan selayang pandang saja, atau jangan membaca soal seperti membaca memindai. Bacalah soal dengan teliti dan intensif, dan pahamilah perintah soal tersebut.

4. Gunakan logika
Kadangkala ada soal yang dalam menyelesaikannya dengan logika. Seperti IPA dan Matematika. Bila anda sudah tidak bisa menggunakan cara-cara yang ada di buku, gunakanlah logika anda sendiri.

5. Percaya diri
Mengapa? Karena kadang jawaban yang anda kerjakan dan jawaban yang orang lain kerjakan berbeda. Emang berbeda sih, hehehe.. PeDe aja sob! Walaupun beda jauh jawabannya, itu kan hasil anda sendiri, hargai dong..😀

6. Periksa ulang jawaban dengan teliti dan cermat
Kita ini manusia, tak luput dari kesalahan. So, jika anda sudah mengerjakan semua soal, periksa kembali jawaban anda, barangkali ada yang salah.

7. Tandai jawaban yang dianggap ragu.
Misalkan anda menjawab B, tapi anda merasa bahwa jawaban D juga benar. Saran saya, tandai jawaban yang dianggap ragu itu. Kemudian setelah semua soal yang dianggap mudah selesai, kerjakan soal yang dianggap ragu-ragu itu. Pertimbangkan jawaban dengan matang.

8. Kumpulkan setelah merasa yakin sekali.
Setelah diperiksa berulang-ulang dan anda merasa yakin dengan jawaban yang anda isi di lembar jawaban, kumpulkanlah kepada pengawas.

Satu hal lagi yang sangat penting dan tidak bisa dilewatkan. BELAJAR DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH. Kepalah sekolah di sekolah saya berkata bahwa kita harus meningkatkan jam belajar kita dari yang biasa menjadi 3 kali lipatnya.

Semoga tips-tips yang saya berikan bermanfaat bagi anda semua yang memerlukan. Amiinnn😀

This entry was posted in ilmu, info, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s